Rabu, 06 Juni 2012

penerapan komputasi modelling


MESIN MEALY

Dalam teori komputasi sebagai konsep dasar sebuah komputer, mesin Mealy adalah otomasi fase berhingga (finite state automaton atau finite state tranducer) yang menghasilkan keluaran berdasarkan fase saat itu dan bagian masukan/input. Dalam hal ini, diagram fase (state diagram) dari mesin Mealy memiliki sinyal masukan dan sinyal keluaran untuk tiap transisi. Prinsip ini berbeda dengan mesin Moore yang hanya menghasilkan keluaran/output pada tiap fase.
Nama Mealy diambil dari “G. H. Mealy” seorang perintis mesin-fase (state-machine) yang menulis karangan “A Method for Synthesizing Sequential Circuits” pada tahun 1955.

MESIN MOORE

Dalam teori komputasi sebagai prinsip dasar komputer, mesin Moore adalah otomasi fase berhingga (finite state automaton) di mana keluarannya ditentukan hanya oleh fase saat itu (dan tidak terpengaruh oleh bagian masukan/input). Diagram fase (state diagram) dari mesin Moore memiliki sinyal keluaran untuk masing-masing fase. Hal ini berbeda dengan mesin Mealy yang mempunyai keluaran untuk tiap transisi.
Nama Moore diambil dari ”Edward F. Moore” seorang ilmuwan komputer dan perintis mesin-fase (state-machine) yang menulis karangan “Gedanken-experiments on Sequential Machines”.
Petri net
Petri net adalah salah satu model untuk merepresentasikan sistem terdisribusi diskret. Sebagai sebuah model, Petri net merupakan grafik 2 arah yang terdiri dari placetransition, dan tanda panah yang menghubungkan keduanya. Di samping itu, untuk merepresentasikan keadaan sistem, tokendiletakkan pada place tertentu. Ketika sebuah transition terpantik, token akan bertransisi sesuai tanda panah.
Petri net pertama kali diajukkan oleh Carl Adam Petri pada tahun 1962.
Beberapa pengaplikasian Model Komputasi dalam kehidupan seperti :

1. MODEL KOMPUTASI CERDAS PROAKTIF UNTUK MONITORING PROYEK-PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN SISTEM MULTIAGEN OTONOMOS

Model komputasi cerdas proaktif merupakan satu bagian penting dari pendekatan sistem kecerdasan buatan yang dapat diterapkan untuk persoalan yang bersifat dinamis dan terdistribusi. Termasuk untuk mendukung otomasisasi dari kegiatan manajemen proyek dalam sebuah perusahaan. Misalnyai untuk mengetahui secara otomatis dan realtime dari ketepatan ataupun ketidaksesuaian antara jadwal yang telah ditetapkan dibandingkan dengan pelaksanaan proyek.
Pada makalah ini dikaji, didesain, dan dievaluasi sebuah model komputasi proaktif untuk monitoring pelaksanaan proyek-proyek berbasis agen cerdas. Metode prometheues digunakan untuk membangun prototip. Kode program dibangun dengan bahasa Jadex agen framework. Berdasarkan hasil pengujian, agen-agen cerdas otonomos yang dibangun terlihat telah mampu menunjukkan kemampuan proaktif setiap saat untuk mencari dan menyajikan informasi monitoring proyek terhadap beberapa uji sampel data proyek teknologi informasi yang disimulasikan.
2. Model Komputasi Rangkaian Ekivalen Saluran Transmisi Mikrostrip Dengan Matlab
Saluran transmisi merupakan suatu media yang digunakan untuk mengirimkan sinyal atau gelombang dari sumber sinyal kepada penerima. Saluran transmisi dapat dimodelkan kedalam suatu rangkaian listrik atau rangkaian akivalen yang berfungsi sebagai medium mengalirnya gelombang listrik. Pada Tugas Akhir ini akan dibahas model komputasi rangkaian ekivalen saluran mikrostrip untuk menganalisis karakteristik perambatan gelombang pada saluran transmisi mikrostrip dengan cara memodelkan saluran transmisi tersebut kedalam suatu rangkaian ekivalen dan dikomputasikan menggunakan bantuan perangkat lunak Matlab sehingga didapat model perambatan gelombang pada saluran mikrostrip. Dari hasil komputasi yang dilakukan, didapatkan bahwa gelombang yang merambat pada saluran mikrostrip untuk tebal dielektrik H = 0,76 mm dengan impedansi karakteristik Z0 = 141,1855 Ω, konstanta fasa β = 91,182 rad/m, dan konstanta redaman α = 0,3712 Np/m memiliki tingkat degradasi sinyal yang lebih kecil dibandingkan dengan tebal dielektrik H yang lain, terlihat dari selubung (envelope) gelombang yang hampir rata.
3. Model Komputasi Mesin FSA Sebagai Pengambil Keputusan Dalam Pengenalan Suku Kata Bahasa Indonesia
Membahas bagaimana mengenali suku-suku kata dalam kalimat Bahasa Indonesia menggunakan Finite State Automata, yaitu suatu model dari mesin pengenal yang mampu mengenali kelas bahasa yang disebut Bahasa Reguler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar